Inilah Budaya INDONESIA Yang Terkenal dan Mendunia , Pertahankan Terus Budaya Kita , Jangan Sampai Hilang tertelan JAMAN !!

inilah Budaya Indonesia Yang Terkenal dan Mendunia


indonesia adalah negara yang terkenal akan pesona alamnya yang indah dan menakjubkan. Selain keindahan alam yang memukau, Indonesia juga memiliki banyak sekali budaya dan adat istiadat yang unik dan menarik

Bahkan, disetiap suku yang ada di masing-masing daerah di Nusantara, memiliki keragaman budaya yang berbeda-beda. Sehingga, ragam budaya dan adat istiadat tersebut telah membuat Indonesia semakin terkenal di mata dunia, dan memberikan kebanggaan tersendiri. Bahkan, tidak jarang wisatawan mancanegara yang datang ingin berlibur ke Indonesia untuk menikmati budaya yang unik dan menarik tersebut.

Selain itu, terdapat juga yang menyaksikan kebudayaan tradisional di Indonesia dalam rangka melakukan penelitian terhadap budaya dan adat istiadat tersebut, terutama oleh para akademisi dari perguruan tinggi di luar negeri.

Berikut ini budaya di indonesia yang terkenal dan mendunia.



1. Batik


Batik Indonesia

Batik Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009 telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO. Sejak itu, Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober merupakan Hari Batik Nasional.

Awalnya, batik diperkenalkan kepada dunia oleh Soeharto yang saat itu menjabat sebagai presiden RI, yang saat itu beliau memakai batik pada Konferensi PBB.

Batik tidak hanya identik sebagai kain atau pakaian dengan motif-motif yang dibuat melalui teknik pewarnaan tradisional. Namun, batik dalam budaya tradisional Jawa, lebih bermakna sebagai teknik pembuatan motif tersebut, dengan menggunakan warna-warna alami "malam" dan menggunakan alat “canting” pada kain berserat alami.

Sampai saat ini, batik terus menerus mengalami perkembangan, baik dari segi motifnya, maupun cara membuatnya.



2. Wayang


Wayang Orang

Seni pertunjukan dari Indonesia yang berkembang di Pulau Jawa dan Bali ini telah dikenal sejak beratus-ratus tahun lalu. Prasasti Balitung yang telah ada sejak abad ke-4 membuktikan keberadaan wayang pada saat itu, dengan catatan galigi mawayang.

Saat ini terdapat beberapa jenis wayang, seperti wayang golek, wayang kulit, hingga wayang orang dan dengan cerita yang berkembang pula.

Pada tanggal 7 November 2003, wayang telah diakui oleh UNESCO sebagai seni bertutur budaya Indonesia dan masuk dalam daftar “Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity”.

Hingga sampai ini, pertunjukan wayang masih bisa kita saksikan. Bahkan dibeberapa program stasiun televisi swasta sering menayangkan pertunjukan wayang orang, yang sering diselingi dengan humor, sehingga budaya ini lebih menarik dan tidak terkesan kuno.




3. Reog


Reog Ponorogo

Kesenian reog masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu gaib bahkan tergolong ilmu hitam.

Dalam pertunjukan tradisional yang berasal dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini, biasanya menampilkan sosok warok dan gemblak.

Kisah asal-usul reog ini yang paling populer adalah saat itu salah seorang abdi Kerajaan Majapahit pada abad ke-15, yaitu Ki Ageng Kutu yang mengumpulkan dukungan masyarakat untuk melakukan pemberontakan dengan menggunakan cara menggunakan reog.



4. Angklung


Angklung

Pada zaman dahulu, angklung dimainkan untuk memanggil dewi padi yaitu Dewi Sri untuk turun ke bumi, agar tanaman kebun masyarakat tumbuh subur.

Hingga saat ini, alat musik tradisional dari Jawa Barat tersebut, masih sering dimainkan dalam berbagai upacara adat dan kegiatan nasional.

Bahkan, sejak bulan November 2010 angklung telah terdaftar di UNESCO sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia.



5. Tari Pendet


Tari Pendet

Tari yang bernuansa sakral ini sekarang sudah berkembang sebagai tarian ucapan selamat datang, yang dikreasikan oleh salah seorang seniman dari Bali bernama I Wayan Rindi.
Jika pada zaman dahulu tarian yang berasal dari Bali ini dilakukan dalam acara pemujaan di rumah-rumah ibadah umat Hindu, maka saat ini Tari Pendet ditarikan bagi para tamu-tamu dalam acara-cara budaya Indonesia sebagai sebuah persembahan.






Sumber : https://www.kamerabudaya.com

0 Response to "Inilah Budaya INDONESIA Yang Terkenal dan Mendunia , Pertahankan Terus Budaya Kita , Jangan Sampai Hilang tertelan JAMAN !!"

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==